Profile  //  Pengenalan Institusi...

Profile

SEJARAH SINGKAT :
Sesuai dengan filsafah pendidikan tinggi yang terkandung dalam Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dan dilandasi oleh keinginan luhur untuk berpartisipasi aktif dan produktif dalam rangka membantu pemerintah dibidang pembangunan, khususnya bidang pendidikan, maka dibentuklah sebuah perguruan tinggi yang diberi nama "Akademik Kebidanan Bandung" yang berada di bawah naungan "Yayasan Ciara Putri Bandung".

Didirikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI, No. 250 /D/O/2008 tanggal 22 Desember 2008, dan Rekomendasi Depkes : HK.03.05/1/4/4692/2008.

Dalam rangka menunjang Pembangunan Nasional, maka Yayasan Ciara Putri menerapkan pula kebijakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu beradaptasi pada era globalisasi serta memiliki ciri-ciri keahlian khusus menyesuaikan pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan persaingan dalam lapangan pekerjaan.

 

VISI :
Menjadikan Akademi Kebidanan Bandung yang menghasilkan lulusan  bidan sesuai dengan standar kompetensi bidan nasional dan mampu bersaing di tingkat nasional pada tahun 2019.

MISI :

  1. Menyelenggarakan pendidikan kebidanan dengan menumbuhkan suasana akademik untuk menghasilkan bidan yang memiliki kompetensi dan nilai filosofis sebagai landasan praktik agar mampu mengaplikasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  2. melaksanakan praktik kebidanan berdasarkan penelitian dan menggunakan hasil evidance based dan pengembangan ilmu, teknologi dan praktik terkini kebidanan dalam kegiatan akademik dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam praktik kebidanan dan pendidikan kebidanan.
  4. menjalin kemitraan dengan berbagai sektor atau institusi terkait secara regional dan nasional dalam menyelenggarakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi.

KOMPETENSI UTAMA LULUSAN AKADEMI KEBIDANAN BANDUNG :

  1. Menerapkan konsep dan prinsip keilmuan dan keterampilan dalam pengembangan diri sebagai bidan profesional yang berperspektif gender dan HAM serta memperhatikan budaya setempat.
  2. Menerapkan etika profesi dalam melaksanakan asuhan kebidanan.
  3. Melaksanakan komunikasi efektif untuk menjalin patnership dengan perempuan dalam asuhan kebidanan.
  4. Memberikan asuhan kebidanan pada masa kehamilan, persalinan, nifas, menyusui, bayi dan memimpin persalinan atas tanggungjawab sendiri serta keluarga berencana.
  5. Melaksanakan asuhan kebidanan kepada perempuan sepanjang daur kehidupan berdasarkan evidence based.
  6. Melaksanakan asuhan yang mencakup upaya pencegahan, promosi persalinan normal, deteksi dini komplikasi, penanganan awal kegawatdaruratan dan rujukan pada kasus maternal neonatal.
  7. Melaksanakan konseling dan pendidikan kesehatan  yang mencakup kelas antenatal, persiapan menjadi orang tua, kesehatan perempuan,  kesehatan seksual /reproduksi  dan keluarga berencana serta asuhan anak.
  8. Mengelola pelayanan kebidanan di semua tatanan pelayanan kesehatan.
  9. Memberdayakan perempuan, keluarga dan masyarakat dalam peningkatan dan pemeliharaan kesehatan ibu, neonatus, bayi dan anak balita.

SARANA :

- Ruang kuliah yang nyaman
- Laboratorium kebidanan
- Perpustakaan
- Media pembelajaran dilengkapi dengan LCD Projector, OHP, Whiteboard, VCD/DVD Kebidanan
- Laboratorium Komputer
- Free Hot Spot